Suara-Suara dalam Kepalaku yang Berkata "Aku Kurang Bagus"

Jumat, 31 Desember 2010
Hidup ini berisi hal-hal yang biasa dipikirkan seseorang sepanjang hari."
                                                                     -Ralph Waldo Emerson
Kita semua kadang mendengar suara batin yang membuat kita menyesali diri. Kita mengucap kata-kata kejam kepada diri sendiri. Pendapat orang lain kadang-kadang nggak separah pendapat kita sendiri dalam melukai diri, yang menghalangi dan membuat kita menyesali diri.     
             Ada gunanya kalau kamu berhenti sejenak untuk memperhatikan caramu berbicara pada dirimu sendiri dalam hati. Apa saja yang kamu katakan pada dirimu, saat kamu merasa nggak berhasil dengan baik, atau saat kamu merasa diri kurang menarik? Kalau kamu nggak pernah meluangkan waktu untuk mendengarkan suara-suara itu, kamu pasti akan terkejut waktu menyadari betapa kerasnya kamu pada dirimu sendiri.
             Dari mana asalnya suara-suara ini? Ada yang berasal dari pendapat orang tua, orang dewasa lain, saudara kandung kita, ataupun teman sekolah, yang secara nggak sadar telah kita resapi. Sisanya adalah kritik serta pendapat nggak terucap, yang kita cemaskan dari figur berpengaruh di sekitar kita. Biasanya, kalau seseorang merasa bahagia atas dirinya sendiri, ia juga akan baik terhadap orang yang berada di sekitarnya. Orang yang sering mengungkapkan perasaan negatif terhadap kita, mungkin sekali sebenarnya merasakan hal yang sama terhadap dirinya sendiri. Sejalan dengan waktu, kalau nggak hati-hati, kita tanpa sadar menjadikan sikap mereka itu sebagai konsep tentang diri kita sendiri. Kita memilih untuk lebih percaya pada pendapat negatif mereka, dari pada pendapat-pendapat positif yang juga ada di sekitar kita. kalau kita mau mendengarkan.
             Apakah suara-suara itu memang suara batin kita yang sesungguhnya?? Apakah suara-suara itu memang bertujuan baik pada kita?? Apakah kita benar-benar setuju dengan pendapat yang dikatakan suara-suara itu??
             Kita perlu belajar mengatasi suara yang merusak ini, melakukan identifikasi suara-suara itu seperti apa adanya, dan nggak membiarkan mereka membentuk dan mengendalikan kita. Cobalah menciptakan dan menumbuhkan suara batin yang nggak meremehkan kemajuan kita dalam kehidupan, tapi justru merangsang pertumbuhan positif kita ke arah keasadaran diri yang sesungguhnya. Kita perlu berbincang dengan diri kita sendiri dalam suatu "diskusi dalam diri" yang membangun, bukannya menghancurkan.



Ubahlah caramu berpikir,
maka duniamu juga akan berubah..
                                  -Norman Vincent Peale 

                                      

4 komentar :

  1. wah bagus sekali ^^
    follow me back teman http://sprinklesnow.blogspot.com

    BalasHapus
  2. siiipp...siipp...insyaallah yaa....^^

    BalasHapus
  3. duduklah dengan tenang, lalu ajaklah dirimu sendiri berbicara dengan jujur ^_^

    BalasHapus
  4. @zeezhi....siipp...sippp..hahahahaha

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan sebuah jejak persahabatan di sini :)