Sebuah Lagu Untuk Persahabatan ...

Senin, 26 Maret 2012
Jogja of Friendship ...

"Persahabatan itu seperti apa?"

"Haruskah ada kecemburuan dan kegalauan di dalamnya?"

 (hening)

"Entah."

"Buatku, terkadang bukan karena kita acuh maka persahabatan itu menjadi retak. Karena pada kenyataannya, aku masi tetap di sini. Masih menjadi seseorang yang sama seperti yang dulu mereka kenal. Hanya saja, merekalah yang perlahan menjauh. Maybe I'm getting older and older, but for me...friendship's never aging."

"Sama. Aku pun begitu."

"Persahabatan adalah rasa nyaman. Di mana aku melukis pelangi, dan kau menyempurnakan warnanya. Di mana aku mengeja hujan, dan kau menyatukannya. Di mana aku meraba dalam gelap, dan kau meneranginya. Di mana kau menyihir awan, dan aku menjadi keajaibannya. Di mana kau menjejak mega, dan aku meneguhkannya. Di mana kau mengikat hening, dan aku membunuhnya perlahan."


Kusentuh hidungku dengan jari-jari yang hampir mati rasa, dingin. Telapak tanganku sedingin pecahan es batu yang biasa menari-nari di dalam segelas fluida. Mataku tampak sedikit nanar menatap tiap sudut kota yang paling kucintai. Ahh, baru kali ini aku merasa tak nyaman, melupakan hujan, bahkan sangat ingin menangis sekaligus menahannya dalam-dalam.

Pengamen jalanan mulai beraksi, menyuguhkan lagu-lagu menyayat hati. Tangannya sigap menyodorkan kemasan plastik bekas kepada para penumpang sebagai tempat untuk menerima receh-receh, krincing, dan lembaran usang para penikmat jalan raya. Sendu. Merdu. Buatku.

Akan sangat mudah untukku saat harus menangis dalam sunyi. Namun terkadang persahabatan akan selalu menguatkanku, membuatku mampu berdiri tegak lebih lama, dan mendorongku terus berjalan meski perih dan tak ingin.  Mereka menjagaku tetap berada dalam keramain saat aku hanya ingin sebuah keheningan dan keputusasaan.

Rasanya sulit membayangkan, bahwa suatu saat aku pun harus menuliskan tentang sebuah kehilangan. Sebuah jarak dalam lintasan ruang dan waktu tak pernah menjadi beban bagi tiap persahabatan dan genggaman tangan. Membunuh tiap-tiap penat dan kerinduan yang tak pernah mampu kuberi nama dalam sebuah jeda. Ada tawa yang tak pernah mampu kau mengerti bahasanya, ada kisah-kisah yang tak pernah kau tau indahnya, ada sesak yang terhempas dan enyah saat bersamanya. Menembus tiap batas dan kecanggungan. Melawan tiap kesepian yang terasa memuakkan. Lalu seperti sebuah garis, yang kemudian menghilang ke belakang. Menyematkan tiap-tiap kenangan pada nama-nama yang tersimpan hangat. Kami. Ah, kau takkan pernah mengerti. Betapa nyamannya bersandar pada sosok-sosok yang kau sayangi meski tak kau jumpai. Kami. Nama-nama yang terus kurajut, kuletupkan, dan kukunci perlahan pada sebuah ruang yang....ahh, sekali lagi kau takkan pernah mengerti.

Tersentak. Kemudian sekali lagi aku tersadar. Bahwa aku memang telah benar-benar kehilangan. Dan sekali lagi, aku meragu. Selalu. Persahabatan selalu begitu. Bahkan ketika otakku tak mampu merangkai kata apapun, saat tubuhku terasa tak lagi ingin menapaki bayang-bayang tanah yang menggurat, dan saat debarku menjadi kepayahan yang tak kumengerti...persahabatan menjadi sebuah lagu hangat yang membuatku kembali tersadar. Membangunkanku dari mimpi buruk yang menyesakkan. Menguatkan. Memberikan harapan. Bahkan meski ia pun lelah dalam kegamangan.

Terimakasih atas persahabatan yang hangat malam itu. Kalian tau? Menemukan senyuman hangat yang menenangkan dalam setiap kehilangan, adalah seperti merasakan kehadiran tangan Tuhan pada setiap rengkuhan....

Dedicated sangat special to : 

  • Seseorang dengan keletihan yang sangat namun rela menyibak tiap kerumunan untuk kembali mencari dan terus menerus memberikan sebuah senyuman hangat sekaligus kekuatan, bahkan kemudian meminjamkan sesuatu yang sangat ia butuhkan untuk menekan tiap ketakutan dan kehilangan yang kurasakan. 
  • Seseorang yang menggenggam tanganku erat pada sebuah kendaraan roda dua yang melaju lambat. Menguatkanku dan mengatakan, bahwa semua akan baik-baik saja. Menyadarkanku tanpa sedikitpun melukaiku.
  • Mereka yang terus menyemangatiku, mengantarkanku pada arah jalan pulang yang tak lagi tersesat. Menegakkanku dan membantuku tetap tersenyum dalam banyak waktu.
  • Seseorang yang ikut dalam kepanikan meski ia sendiri pun tak mengerti benar tentang apa yang terjadi. Bahkan membantuku menjelaskan, hingga aku tak jadi lumat oleh sebuah amarah.
  • Seseorang yang teramat sangat spesial dalam kisah persahabatanku, seseorang yang selalu ada dalam tiap desahan persahabatan di ruang itu. Menjadi tempat bagi tiap kisah dalam perjalananku. Menjadi tempat sampah bagi tiap ketakutanku. 


Akan ada segudang kerinduan untuk tiap kenangan yang tertinggal di sebuah sudut kemacetan kota. Maafkan atas jalan-jalan yang tak pernah kuhapal dengan sempurna. Semoga kelak tak akan ada kehilangan lagi saat kita ditakdirkan bertemu kembali... :D
"Betapa persahabatan itu benar-benar tanpa syarat...
ketika melihatnya terbatas...
tapi aku tau cintanya luas dan bebas..." @nicksalsabiila

90 komentar :

  1. Selamat sore Diajeng Jogja, mau tanya kalau jalan ke Candi Prambanan itu kemana yah? | Bentar ya, aku tanya temanku dulu... | -___- gak lulus jadi diajeng Jogja ini, hahaha....

    Begitulah persahabatan, selalu ada keunikan disetiap perjumpaan. Persahabatan yang baik, selalu menenangkan, selalu menawarkan sejuta hikmah yang kadang tak sabar mengungkapnya. #ngelantur

    Nick, maafin saya ya sahabatmu jadi hilang sirna. Jadi gak enak euy, ending yang sangat-sangat tidak diharapkan. Semoga kelak bisa ketemu lagi. lengkap dengan kepala sekolah dan Bendum! Tapi harus udah hapal jalan2 di Jogja yah. :))

    BalasHapus
  2. hahahaa...baguuss...bahkan sampai detik ini pun dirimu masi ga percaya kalo aku layak dapet gelar diajeng djogja yah...ckckckckc...#banting robot ijo keras2..

    Setuju...
    Persahabatan = Unik, Unik = Persahabatan ...
    hahahaa...#maksa...senang jadi sahabatmu, dan punya sahabat unik sepertimu..#ikut nglantur

    Amiiinn, kepsek dan bendum harus datang ketika aku udah punya "sahabat" baruu...kalian ga boleh nglupain aku di WA..#nangis guling2...-___-
    Aku udah mulai hapal jalan, sejak kalian datang...hahaaa :P

    BalasHapus
  3. akhirnya sang pawang hujan menghadirkan posting terbarunya, sebulan lebih rasanya saya menunggu tarian hujan yg menari dengan catatan penanya yg lincah....

    maaf jika saya sebut pawang hujan...
    karena menurutku diantara pecinta hujan yg saya tau, dirimu yg paling bisa menterjemahkan kalimat demi kalimat dari sang hujan...

    BalasHapus
  4. seperti biasa... petikan gitar klasik ini, mmmmmmmmmmmmmmmmmm.......membuat nyummy ku membaca postingan yang kalo kata kang Qefy, RENYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHH ^^

    BalasHapus
  5. tahukah kamu non, baca ini di temani oleh lagu latarnya membuat tulisan ini langsung nonjok di hati. membuat aku langsung terkenang akan masa lalu, teman temanku, sahabat sahabat masa kecil, semuanya. semuanya seakan indah lagi tepat di depan mataku.....

    nice...
    very very nice.....

    just thank for you, for this great post...

    BalasHapus
  6. Nick kemana aja dirimu :( Kangen neh

    BalasHapus
  7. Mbak nick saya sampai speechless bacanya, kangen jogja, kangen dengan banyak hal yang hilang dan yang belum sempat saya raih, (Lho malah curhat)..hhehe..intinya tetap semangat ya mbak...apapun yang terjadi selalu ada alasan di balik semua hal..

    BalasHapus
  8. I love u Nick.... Percayalah, 'dia' akan segera kembali padamu dengan 'casing' yg lebih menggigit dan janji yg lebih setia.... #gue jg jd ngelantur#
    Tapi, yakin deh 'dia' akan tergantikan oleh dakota berwarna hitam dengan otter box yg siap jd pelindung. Tunggu aja waktunya #beuuhh gue :))

    BalasHapus
  9. backsoundnya bagus, hahaha, anggun nian tulisannya

    BalasHapus
  10. Hebat ya, aku yakin kamu akan hidup di hati para sahabatmu. Semua mencintaimu ^__^
    Sayang aku belum pernah ketemu ma kamu Nick... Pengen juga deh tulisannya didedikasikan untukku. Haha... XD

    Oh iya, ngomong2 Djogja, jadi pengen kesana ihhh...

    BalasHapus
  11. hmmm baca tulisanmu, seolah mendapat tetes2 air saat dahaga nick...
    pengen baca dan baca.....

    BalasHapus
  12. Nick...kangeeeeen sm tawa renyahmu di grup #bighug ayoo...lekas cari gantinyaaaa...

    #pagi ini dirimu mengingatkanku pada sahabatku y "hilang" y kemarin sedang menjejak dikotamu menikmati long weekendnya....

    BalasHapus
  13. Persahabatan adalah rasa nyaman.!
    Pershabatan Mengawali tentang kesempurnaan hidup yang tanpanya tak mungkin bertahan hidup di dunia ini....!!! :)

    BalasHapus
  14. hemm.Jogja..
    Ingin kembali bertualang ke kota itu.

    BalasHapus
  15. tentang persahabatan, ter-ramu oleh jemari mba Nick...
    Indah .... :)

    BalasHapus
  16. Hmmm.... sama kaya kang insan.. sebulan lebih teteh tunggu tarian hujan,.. ternyata masih selalu saja diajak termenung sama kata2 nick...

    Persahabatan... adalah ketulusan hati...

    ^_^

    BalasHapus
  17. ga sanggup komen..tersepona sama rangkaian katanya...semoga ALLOH gantikan sahabat yang hilang dgn yg lebih bagus dan canggih

    BalasHapus
  18. ☆ Mas Insan ☆

    Wah..makasih yah mas...atas komentar setianya..wkwkwk..
    Eh, tapi kayaknya kali ini ga ada ttg hujannya deh, ada siihh..tapi dikit...hahahaa
    Mending jadi pawang hujan deh, drpd pawang macan..:P

    BalasHapus
  19. ☆ Aisa ☆

    Masi ga percaya, kalo aku yg metik gitar ini? hahahaa...#maksa...:P
    Jiaahh..km bener2 mirip mas qefy renyahnyaa..hhahaa :D

    BalasHapus
  20. ☆ Om alay ☆

    Wuaahh..belum2 udah keliatan tuh komennya alay bgt...hahahaa
    masak nick nonjok hati sih? hahahaa :D
    makasih yah om..semoga sahabat2mu itu bisa jd sahabat di surga kelak...amin..

    BalasHapus
  21. ☆ Mas Iqbal ☆

    Hahaa..samaa mas....hadeuuhh, aku belum bisa twitteran nih..-___- #edisi ga berhape..hahahaha

    BalasHapus
  22. ☆ Mbak Rie ☆

    Iya mbak...semoga Alloh kasi ganti yg lebih baik.. Wah, sini mb ke jogja yuukk...nick mau ketemuu.. :D

    BalasHapus
  23. ☆ Mbak Ria ☆

    Amiinn...amiinnn...wuiihh...doamu manteep bgt mbakk...lengkaapp...hahahaa
    Dakota siap2 terbang ke jogja...eh gemini...huahahahaa

    BalasHapus
  24. ☆ Fadhli ☆

    Hahahaa...hadeuuhh..makasih banyak Fadhli..jadi ge'er nih...wkwkwk

    BalasHapus
  25. ☆ Mas Aan ☆

    Amin. Hahahaa...semoga mereka memang mencintaiku. ahh, mas Aan juga gitu kok..pasti hidup di hati para sahabatnya... :D
    Siipp. Suatu hari aku pasti mendedikasikan tulisan mas Aan ttg seperangkat bebeh dakota..#eh...hahahahaa :D
    Ayolahh..ke jogjaaa..#hope

    BalasHapus
  26. ☆ Uthy ☆

    Hahaha...makasih mbak...ini kan blog air hujan..bisa buat dahaga juga kok..hahaha :D

    BalasHapus
  27. ☆ Mbak Nee ☆

    Huhuhuu...big hig juga buatmu mbaakk..kangen banget uii..
    Wah sahabat mb nee menjejak di kotaku? siapa ? kok ga ketemuaann..-__-

    BalasHapus
  28. ☆ Zhi ☆

    Haahaa...yup. Setuju...persahabatan memang penting..:D

    BalasHapus
  29. ☆ Febrian ☆

    Wah..pernah ke jogja yah...hayuklah main..:D

    BalasHapus
  30. ☆ U N N I ☆
    Makasih Unni...semoga kita bisa jadi sahabat juga..:D

    BalasHapus
  31. ☆ Teh Nitt ☆

    Teteeehhh...kangenn....
    Yup. Persahabatan adalah ketulusan hati.
    Kalo kata shkh rukh khan...cinta adalah...prsahabatan
    hahahaa..#guling2

    BalasHapus
  32. ☆ Mbak Rima ☆

    Huaaa...makasih doanyaaa...amin...aminn...semua akan indah pada waktunya memang..:D

    BalasHapus
  33. indah sekali tulisan ini...
    dan betapa indah persahabatan
    maka, semoga kita bisa menjadi
    sahabat yang baik....

    BalasHapus
  34. hmm, kau selalu saja menulis dengan penuh cinta dear.. suka dengan setiap rangkaian kata yang kau buat.. ini bukan lagu, anggap saja ini hadiah persahabatan dari dhe.. diterima yaa, http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/ :)

    BalasHapus
  35. ☆ Akhmad ☆

    Amin. Jazakallah yaaa...^_^

    BalasHapus
  36. ☆ Dhe ☆

    Hiks. Makasih dhe...serius. Aku terharu bgt. Setelah sekian banyak kekecewaan aku kasi ke kamu, kamu malah kasi aku hadiah persahabatan...thakns a lot, dear...

    BalasHapus
  37. ☆ Outbond ☆

    Makasiihh.. :))

    BalasHapus
  38. ahh kakaa...
    baru beberapa bait membaca aku sudah meneteskan airmata.
    yahh gak ada hal yang paling menyedihkan di dunia ini selain kehilangan sahabt-sahabat yg kita sayang..
    semoga aku bisa menemukan jejak2 persahabatanku yang hilang juga.
    keep writing!! :)

    BalasHapus
  39. kta Ariel Peterpan,"biar hujan menghapus jejakmu..."
    tp kyaknya jejak pra shbt yg prnh hdir dlm hdup Qta tkkan mmpu trhapus oleh hujan bdai skalipun !
    stiap canda, tawa, duka, air mata, kebersamaan, akn sllu trkenang hingga mjd cerita u/ ank cucu Qta kelak ^_@

    bkin trharu mba' ngebacany.. smg tkkan ada lgi khilangan dlm prshbtan.. & smg sang hti msh sudi mmbuka pintuny u/ prsbtn yg baru.. salam friendship ^_@

    BalasHapus
  40. merinding bacanya he he
    suka kali postingann inii palagi yang ini

    "Betapa persahabatan itu benar-benar tanpa syarat...
    ketika melihatnya terbatas...
    tapi aku tau cintanya luas dan bebas..." @nicksalsabiila

    BalasHapus
  41. hmmb. br ada ksempatan ol..itupun di warnet..hiks.
    tugu jgjanya itu kalo malam, cantik yak.. >.<
    pkoknya tunggu bendum ya jogjaaaa, sy bakalan datang kesana..
    ga akan ada adegan yg menegangkan pas perpisahan, pun barang ga kan ada yg hilang nantinya..*semoga* :))

    BalasHapus
  42. posting yang menarik i love it :)

    BalasHapus
  43. ☆ Nizwa ☆

    Iyah..setuju..persahabatan adalah sebuah hadiah tak tergantikan dari Tuhan..
    Amin. Semoga kau pun erat dengan persahabatanmu yah, dear..^_^

    BalasHapus
  44. ☆ Sandy ☆

    Persahabatan selalu menyemat kenangan terbaik, meski terkadang menyakitkan... :D
    Mungkin khusus persahabatan, bahkan hujan pun akan enggan menghapus jejaknya yaa...hahahaa :D
    Amin. Doa yg indah Sandy...waiyyakum...

    BalasHapus
  45. ☆ Ndear ☆

    Haloo...komentator setiakuu...muah...#hahahaha
    Yup. Persahabatan bebas, sekaligus luas...:D

    BalasHapus
  46. ☆ Mbak Pipiii ☆

    Siiiipp...aku tunggguuu...pokoknyaaaaa....
    Amin. Yang hilang mungkin nanti hatiku mbak, pas kamu ninggalin kotaku...#duh
    Hiks, memimpikan ada pertemuan OSIS di sana...lengkap dengan kamera dan bebeh2nya...wakakakak :D

    BalasHapus
  47. ☆ Farah ☆

    Thanks a lot, dear...^_^

    BalasHapus
  48. wah cerita yang idah, aku hanya bisa menikmati tanpa banyak koment.
    angkat topi untuk kamu...

    BalasHapus
  49. memang penhalang persahabatan adalah perpisahan.
    tapi perpisahan bukan jurang pemisah, ia hanya sesuatu yang harus di lalui sebagai suatu proses

    BalasHapus
  50. All praises to Alloh who gave you the ability to write such a beautiful story (should i say 'story'?) with some big words which i have to think hard to understand what they actually mean xD
    I've been reading your writing and they're wonderful! oh.. how i wish i could have that ability too :( anyway everyone has their own strengths and weaknesses. i'm totally amazed with everything that u have in ur blog =D , berkarya terus ya mb unik^^

    BalasHapus
  51. ☆ Anak Kos ☆

    Makasih yah kawan...^_^

    BalasHapus
  52. ☆ Peduli ☆

    Yup. Perpisahan hanyalah masalah sudut pandang. Ketika kita menganggapnya sebagai awal pertemuan, maka selesai lah sudah..semua tetap akan indah..:D

    BalasHapus
  53. ☆ Farah ☆

    Thanks a lot sist...nice having u here as my blog reader...
    Big hug for u...for every spirit..:D

    BalasHapus
  54. persahabatan itu sesuatu.. sempurna...

    BalasHapus
  55. "Friendship's never aging", sangat setuju. . . selalu kagum kalau U-Nickyyy posting tulisan, bahasanya ngalir banget, seperti dah tersedia stok sekian banyak kata, hehehe

    BalasHapus
  56. ☆ Wynata ☆

    Yup. Persahabatan itu cinta... :))

    BalasHapus
  57. ☆ Aby ☆

    Hahahaa..makasi masnyaaa..padahal aku nyari ilhamnya juga susah...wakakakaka :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama ga mampir,, mampi dulu nih minum jus kalimat mu, hehehe. . . lama juga ya ga BW :D... mantap deh

      Hapus
  58. like this post ..
    salam kenal yee :D
    mari bersahabat juge.. he

    BalasHapus
  59. ☆ EYSurbakti ☆

    Makasih,,, iya. Salam kenal..Keep writing..:D

    BalasHapus
  60. persahabatan itu akan semakin erat ketika kita berbeda pendapat atau berselisih dengan temen kita,maka kedepannya persahabatan tsb akan lebih lekat dr pada sebelumnya
    itu yg sering aku rasakan dari dahulu hingga saat ini

    BalasHapus
  61. ☆ Athifah ☆

    Hehee..salam buat temen2nya yah mbak.. :D

    BalasHapus
  62. ☆ Andy ☆

    Yup. Setuju banget masnya...
    Pertengkaran kecil, perselisihan, bahkan diam..terkadang menjadi bumbu penyedap dalam tiap persahabatan. Maka apapun itu, nikmatilah ... :D

    BalasHapus
  63. Nice postigan mbak.. friendship never aging...
    salam bloofers ^^

    BalasHapus
  64. Keren blognya, aku juga di jogja lho mbak... hehe :)

    BalasHapus
  65. ☆ Nunu ☆

    Yupee..salam bloofers jugaa :D

    BalasHapus
  66. ☆ Arka ☆

    Hehee..kapan2 bisa kopdar tuh.. :D

    BalasHapus
  67. Jujur yaa, setiap kata yang dituliskan bagus" + menyentuh hati banget, salut dehhh,, (y) :)

    BalasHapus
  68. Sepertinya ini kunjunganku yang pertama..
    semoga menjadi awal kunjunganku selanjutnya..
    aku suka baca ini, bagus artikelnya..
    salam blogger.

    wah gedek aku, aku emang baru pertama menggunakan WP. Aku udah login tapi kok tidak bisa juga koment. aneh, katanya suru login..

    pake id blogspotku aja deh..

    BalasHapus
  69. nice blog checkout mine on

    http://www.onjokes.blogspot.com

    feel free to leave a comment

    BalasHapus
  70. ☆ Share ☆

    Hohoo..makasih yah kawaann.. :D

    BalasHapus
  71. ☆ Hafsari ☆

    Amin...semoga kelak kita terus saling mengunjungi yah mbak..hahaa
    Wah, ada aku di WP yah? alamatnya apa mbak...:D

    BalasHapus
  72. ☆ Steve ☆

    Thanks for ur visited my friend.. :D

    BalasHapus
  73. wahh... tulisan mba nick selalu bikin sya terharu, semoga kita bisa begitu teh, walau terbatas oleh jarak tapi cinta dan ketulusannya luas dan bebas :)

    BalasHapus
  74. wahh... tulisan mba nick selalu bikin sya terharu, semoga kita bisa begitu teh, walau terbatas oleh jarak tapi cinta dan ketulusannya luas dan bebas :)

    BalasHapus
  75. ☆ El ☆

    Hey...kok komennya sampai dua gitu El? hahaha :D
    Yup. Makasih sayang..dah main lagi kemarii..semoga persahabatan kita juga begitu yah..

    BalasHapus
  76. Persahabatan... persahabatan ini yanga insya Allah akan menggerakkan kakikku tuk menapaki tanah jogja nanti, tapi entah itu kapan,,, tapi saya optimis, saya akan datang... insya Allah.. untuknya,,,, sahabat - sahabatku :D

    BalasHapus
  77. ☆ Mbak Latifah ☆

    Amiiinn...akan aku tunggu sampai hari itu tiba mbakk.. :D

    BalasHapus
  78. Persahabatan itu indah
    Walaupun selalu diliputi pro dan kontra
    Namun itu adalah penghias keindahan hidup sesungguhnya..

    wah, pengen rasanya ke jogja mbak,
    semoga saja kesampean.. :)

    BalasHapus
  79. ☆ Reza ☆

    Yup..persahabatan itu selalu indah.. :D
    Amin...ga nyesel deh dateng ke jogja..hahaha

    BalasHapus
  80. wah tulisannya bagus..tampilanyya juga oke..musiknya enak..

    suka sama blog ini..^^
    keep posting

    BalasHapus
  81. ☆ Adi ☆

    Hoho..makasih yah kawan.. :D

    BalasHapus
  82. "Persahabatan itu seperti apa? Haruskah ada kecemburuan dan kegalauan di dalamnya?"
    "entah, tapi kukira, persahabatan itu cara Tuhan menjaga kita. lalu, pada siapa kita harus cemburu?"

    berkunjung lagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...setuju banget...persahabatan adalah cara Tuhan menjaga kita.. :)

      Hapus
  83. mba nik..blog mba slalu menginspirasi saya... mba d jogjanya dekat mana?..saya jg d jogja...mana tahu bisa silaturrahmi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleehh..ayok mbaa...maiinn...saya di kotagede mba... ;D

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan sebuah jejak persahabatan di sini :)